Beberapa hari lalu, gue ikut family gathering LSM-nya bokap gue ke Pantai Carita. Sebenarnya gue sudah pernah ke pantai ini 2-3 kali, dan tidak ada yang menarik  sih waktu dulu gue kesana. Tapi karena bokap gue bilang ada banana boatnya, gue pun tergiur dan langsung menyatakan diri buat ikut! hehe. Gue belum pernah banana boat soalnya, ;p

Jumat- Sabtu silam, tanggal 4-5 Mei, rombongan LSM bokap gue menghabiskan waktu liburannya di salah satu cottage bernama Carita Mutiara Cottage. Setelah ada annoucement dari panitia, ternyata water sport akan diadakan hari kedua yaitu Sabtu. Terakhir kali yang gue ingat tentang Pantai Carita adalah ketidaknyamanan turis dalam menikmati pantai dan airnya sudah keruh hitam.

Foto  ini gue sadur dari internet (entah gue sendiri ga tau foto ini Pantai Carita bagian mana ya? kok jernih bgt ya, ;p )

Soal ketidaknyamanan, ternyata tidak berubah, kamar tempat gue tidur terletak pas di depan pantai, pantainya sendiri tidak dibatasi oleh pagar ekologis alias tanaman atau pohon yang bisa meredam ombak, tapi pagarnya pake dinding semen yang engga pro-lingkungan banget. Di pagar-pagar itu, sudah banyak ibu-ibu dan mas-mas yang stand untuk menawarkan jasa dan produk yang dijualnya. Mulai dari baju, makanan, wisata air, sampai tato temporer.

namun sayang, karena engga ada aturan buat para pedagang kaki lima ini, mereka terus manggil wisatawan buat beli atau ambil jasa yang dia tawarkan, setiap kali gue lewat,

“Non, lulurannya non.. sambil massage..” sahut Ibu-ibu yang ada tepat di depan gue pas gue lagi jalan.

“Non, bikin tatonya non? kalau ga suka, bisa dihapus kok.. ” sahut mamang-mamang yang datang sambil bawa map isi aneka desain tato, ngehampirin gue.

Saat itu, gue pengen banget jalan-jalan buat nikmati pantainya dengan syahdu. Ternyata sirna sudah, gue duduk bentar, udah ada orang lain nawarin jasa tato, tukang tato pergi, dateng tukang jualan asesoris, beres itu, dateng orang yang nawarin naik boat. hasshh.. kapan beresnya ini..

Ditambah lagi, gara-gara gue keseringan mondar mandir sana-sini, lama-lama ibu-ibu yang nawarin jasa lulur jadi maksa,

“Non, luluran ya non.. yah.. yah…”

padahal gue sudah menolak dengan sopan, “engga makasih bu..”.

Gue tidak menyalahkan mereka yang berusaha mencari uang, yang mereka lakukan itu manusiawi, tapi keberadaan mereka ini udah mengurangi nilai kenyamanan turis buat menikmati Pantai Carita. Gue rasa sudah waktunya pengelola Pantai ini mengambil tindakan untuk menata ulang pedagang, sebelum turis-turis pada kabur ke pantai lain yang lebih cantik dan tentram seperti Karimunjawa. Pasti ada kok solusinya, Pak Jokowi aja bisa mindahin pedagang kaki lima tanpa harus ngilangin mata pencaharian mereka.

Pantai terakhir yang gue datangi sebelum Carita itu Karimunjawa. So, selama disana, dikit-dikit gue bandingin kondisi di Carita dan Karimunjawa. Rasanya miris deh liat Carita yang mungkin dulunya indah, sekarang sudah turun keindahannya.

Meski begitu, gue tetap menyambut antusias detik-detik gue buat ber-banana boat, yippiee… 😀

BANANA BOAT

sekitar jam 8an, peserta family gathering termasuk gue sudah siap-siap pakai pelampung untuk safety pas naik Banana Boat.

Secara bergantian kita naikin banana boatnya, satu banana boat itu cukup buat berenam. Sekali naik banana boat , kita bakal diceburin 3 kali.

BANANA BOAT

Foto ini juga nyadur dari internet, ;p

Karena grup gue cewe semua, kita-kita pada teriak-teriak nervous gitu.. gue sendiri juga agak2 nervous, hahaha.

Banana boat kita pun ditarik ama speed boat ke tengah laut.. Syuuurrrrr,, Woohoooo…

senangnya muka gue kena terpaaan angin pantai, untungnya saat itu, panas matahari engga terlalu terik, jadi engga kepanasan deh. 😀

speed boat semakin kenceng narik pisangnya, dan satu momen, speed boatnya belok kanan dengan ekstrim , and…

BYURRR!! Banana kita pun ikut ngebalik ke arah kenana, otomatis badan kita jadi jatoh ke air.

Huaahh.. asik juga sensasi naik banana boat, nyebur ke air, naik ke permukaan, terus cekikikan bahagia. hehe.

Puas ketawa ketiwi, kita pun ditarik lagi buat naik banana boatnya, dan lanjut diceburin lagi, hehe.

Gue cukup puas dengan wisata air dengan banana boat ini, mungkin karena pertama kalinya juga gue nyobain, hehehe.

 SNORKELING

Beres Banana Boat, gue langsung memburu water sport lainnya, panitia acara ngumumin buat yang mau snorkeling,

and.. I’m in!

Nah, snorkeling ini bukan kali pertama buat gue. Waktu ke Karimunjawa, gue pernah snorkeling liat indahnya ikan dan karang di laut Jawa. Oh cantiknyaa,, ngeliat ikan-ikan di laut pake mata sendiri adalah suatu kepuasan batin buat gue. 😀

Dengan penuh harap gue bisa liat ikan-ikan cantik di Pantai Carita, gue pun ambil life-vest lagi, dan langsung naik speed boat untuk pergi ke Taman Laut.

Butuh sekitar 15 menitan untuk menuju Taman Laut dari tepi pantai cottage mutiara. Dengar kata Taman Laut, gue membayangkan bahwa ada suatu area yang bakal seperti bunaken, banyak terumbu karang dan ikan yang cantik2..

Sesampainya di area Taman Laut, gue langsung pasang kacamata dan alat napas dari karet dan buru-buru nyebur.

Kandungan garam di laut ini kuat banget, hidung gue kesedak air garam, aduh perihnya minta ampun deh. Gue sendiri baru ngeh kalo ternyata laut ini adalah Selat Sunda. wew..

Sambil maksain diri, gue berenang-renang nyari terumbu karang.. sambil ditemenin guidenya, mas-mas bertato dan berkulit hitam.

Butuh waktu 5 menit buat menyadarkan gue kalo gue ga bisa nemuin apa-apa di taman laut itu.

 Dengar kata Taman Laut, gue membayangkan bahwa ada suatu area yang bakal seperti bunaken, banyak terumbu karang dan ikan yang cantik2..

Awalnya gue kira mata gue yang rabun, jadi susah liat ikan dan karang, pas orang-orang mulai teriak,

“kok ikannya ga ada ya?”  “karang yang bagus dimana ya?”

Gue sadar kalau ternyata tidak ada yang menarik dari Taman Laut ini.

Mas-mas guide-nya berusaha ngajak gue buat cari spot bagus buat liat karang, gue ikutin aja.

Laut disitu engga tenang, beberapa kali ada ombak, jadi pas gue renang ngelawan ombak, badan gue kedorong lagi ke belakang.  -_-“

Sambil berenang nyari karang, gue langsung inget dengan Karimunjawa. maaf-maaf nih ya kalau gue bandingin terus.

Gue benar-benar miris dengan apa yang gue lihat, engga mungkin ikan-ikan disitu hilang ditelen jin laut, pasti ada sebabnya,

pelaku utamanya pastinya ulah manusia. Airnya keruh, itu tanda bahwa lautnya tercemar (sialnya lagi, gue berenang di laut itu).

terus karangnya juga memutih, atau istilah itu mengkristal, karena perubahan iklim.

Gue terus coba cari ikan pakai google, dan nihil.

“engga da mas ikannya, mana nih.. ” keluh gue.

Masnya hanya nyengar nyengir aja, sambil bilang, “oh ga ada ya mbak? hehe”

“wah ikannya pada mati ya mas, kena pencemaran nih kayanya.. ” sahut gue sambil berenang ke arah kapal, bosen.

Akhirnya gue dapat satu sebab kenapa karang pada mati. Pas gue udah deket ke speed boat buat naik, gue sempet nenggelemin muka ke laut, I saw something, ternyata si masnya nginjek salah satu karang disitu! oh MG.

di taman laut itu dasar lautnya ga dalam, jadi resiko kaki kita kena terumbu karang itu besar, eh ini si masnya nginjek karangnya lagi. then, I realized, they are not well educated about conservation. 😦

I saw something, ternyata si masnya nginjek salah satu karang disitu! oh MG.

Alhasil, gue tidak mendapat pengalaman menarik dari snorkeling di Pantai Carita (beda banget dengan snorkeling gue di Karimunjawa, baca disini ).

Kecewa, gue langsung balik ke pantai dan ikutan bikin istana pasir di pinggir pantai bareng Fathia, adek gue yg paling bontot.

 JETSKI

Satu aktivitas lain yang belum pernah kesampean sejak gue SD adalah naik Jetski. Dulu kalau gue liat orang naik Jetski, rasanya keren banget. kaya di film-film gitu deh. hehe.

Disinilah gue nyobain naik Jetski untuk pertama kalinya!

Harga sewanya 150ribu per 15 menit. 1 Jetski bisa dinaikin bertiga, so 1 Jetski itu ada gue, Inna (adek gue), dan mas-mas lain bertato.

Ternyata engga sulit buat jalanin Jetski. Setelah mesin nyala, cukup tekan satu stang di kanan, Jetski-nya udah jalan.

Gue lebih dulu ngoperasiin Jetski, habis itu si Inna. With excitement, gue gas Jetskinya cepet, karena ngemudi lurus ga seru, so gue coba buat belok-belok, kerenan dikit laah…

ternyata kalau mau belok U, kita ga perlu gas banyak, teken dikit, nanti udah bisa belok 180 derajat. Kalau gasnya kenceng, malah susah belok. :O

Adek gue mulai berkicau di belakang, minta gantian ngemudi, akhirnya gue pindah ke belakang.

pas giliran adek gue mau ngemudi, eh mesinnya mogok. and we are in the middle of the sea.

SIINGGGGG. *hening*

mas-masnya ngutak-ngatik mesin jetski, tapi tetep ga bisa nyala. untungnya speed boat yang lagi bawa banana boat dateng ngehampirin jetski yang gue naikin. speed boat lain pun dateng buat bantu benerin mesin jetskinya.

Ada 3 mas-mas yang benerin mesin jetski, sementara dibenerin, gue ama Inna pindah ke speed boat.

Ini nih yang bikin annoying, gue lihat satu mas-mas ambil aqua gelas, dia buka terus diminum habis, gue perhatiin terus gerak geriknya. As expected, he throw the plastic glass into the sea. Dia nyampah di laut.

“Mas, kok dibuang sembarangan sih???” tegur gue, kesel banget.

Mas-mas yang nyampah *cengar-cengir*, “oh gapapa mbak, yang lain juga gitu kok, disana juga banyak sampah”.

Oo.. You’ve got the wrong answer.

“Ih gimana sih ga boleh gitu donk, kalau 1 juta orang disini mikirnya kayak mas gitu, lautnya isinya sampah semua donk, pantesan ikannya mati semua.. gimana sih.. ” balas gue, I try to speak wisely, not emotionally.

“Mas ini kan penjaga pantai, harusnya tugas mas nih negor turis biar ga nyampah, lah kok ini penjaganya juga nyampah sih…” tambah gue, ketiga mas-mas itu pun cuma cengar cengir.

Balasan seperti itu sudah biasa gue lihat. Tidak ada rasa bersalah karena nyampah itu biasa di Indonesia.

Miris banget.

Mas yang nyampah itu pun ikutan buat benerin mesin jetskinya, dan sampah gelas itu ada di deket jetski.

“Mas, tolong donk ambilin sampahnya, saya yang buang deh..”

masnya langsung ambil sampahnya terus ngasi ke gue. Sementara sampahnya gue taro di atas speed boat.

“Mas, kok dibuang sembarangan sih???” tegur gue, kesel banget.

Mas-mas yang nyampah *cengar-cengir*, “oh gapapa mbak, yang lain juga gitu kok, disana juga banyak sampah”.

Mesin jetski udah bener, gue balik naik Jetski bareng adek gue.

Fokus pikiran gue sudah beralih dari excitednya jetski ke pemantauan sampah di laut itu.. sambil adek gue ngemudi, gue liat ternyata buanyakkkkk banget sampah plastik dan styrofoam ngapung di laut. sayangnya gue ga bawa kamera, pasti kalo liat rasanya geli banget deh.

Kalau di Karimunjawa, mas-mas yang ngeguide kita buat snorkeling itu sadar tentang pentingnya menjaga laut dari sampah. Dia selalu himbau ke wisatawan buat ga buang sampah ke laut, two thumbs up buat mas-mas Karimunjawa!

I think they are well educated about sea conservation.

Geli banget liat sampah-sampah menggenang..

“Na, kalau ada sampah, kamu pelan-pelan bawanya, mau mbak Nisa kumpulin”

Adek gue nurut. Akhirnya, kita habiskan main Jetski sambil ngumpulin sampah.

gue ngumpulin styrofoam box yang udah kotor banget, pecahan styrofoam yang biasa ada di kotak elektronik, gelas A*E-A*E, Botol Miz*ne, sampai Pampers. Rasa jijik gue buat megang sampah itu sudah hilang sejak gue liat sampah-sampah bergelimpangan   di atas laut.

Gue belum sempet liat bagaimana muka si mas-mas yang duduk di belakang gue atas tindakan gue ini. Dia sempat sesekali ngomong, “kemarin hujan besar mbak, jadi sampah turun ke laut semua..”

Dengan cepat gue respon, “jangan nyalahin ujan lah mas, kalau orang-orang buang sampah di tempatnya, sampahnya ga akan ke laut “. Masnya cuma nyengir sesaat.

Gue dan adek gue tetap menjalankan misi, kok gue kayak jadi Mario Bros. kalau Mario ngumpulin koin, nah gue ngumpulin sampah. hehehe.

Siapa sih yang mau berenang di hamparan laut yang digenangi sampah?

15 menit pun lewat, kita disuruh balik ke pinggir pantai lagi. Kali ini gue yang ngemudi.

Sesampainya di pinggir pantai, gue langsung ngumpulin sampah-sampah yang gue kumpulin di atas jetski.

Oleh-oleh Sampah dari Pantai Carita, Horray!!

“apaan tuh nis?” Emak gue.

“sampah mas.. hadeuh sampahnya banyak banget, geli liatnya..” gue nyeletuk sambil megangin sampah itu buat dibuang ke tempat sampah. Ada satu bapak yang bantuin gue buat buangin sampahnya. Makasih ya pak!

 Serah terima sampah.

Agak sedikit mengecewakan memang wisata kali ini. 😦 Pesan saya untuk siapapun yang punya tanggung jawab dalam menjaga ekologi pantai Carita, tolong berikan edukasi ke para penyedia jasa dan produk yang beredar di pantai untuk menjaga pantai dari sampah. Pikirkan dampak panjangnya. Kalau engga ditanggulangi, bentar lagi, resort-resort , penginapan, pedagang, dan penyedia jasa wisata akan bangkrut karena kehabisan turis yang udah ga mau dateng lagi ke Pantai Carita. Siapa sih yang mau berenang di hamparan laut yang digenangi sampah?

Gue aja sedikit menyesal telah menceburkan diri ke laut itu, but at least I got lessson from it.

Well, I can shout now, I want to shout, “Please Save The Carita Beach! Keep It Clean!”

Caranya?

1. Jangan Buang Sampah ke Laut : kantong plastik, botol plastik, pampers , styrofoam, kaca, dll.

2. Jangan injak terumbu karang.

3. Ajak orang lain buat melakukan dua hal itu!

Cheers,

Annisa

– A girl who concern much about small things that can harm the environment.

Comments on: "Oh, Carita yang (Masih) Tercemar" (3)

  1. Nis gimana kalo lo mengabdikan jadi ratu pantai carita? Ntar gw bantu deh

  2. sevenofcloud said:

    hahaha, jangan donk, gue kan ga secantik nyi roro kidul, blm bisa jd ratu pantai. ;p gue mah jd aktivitas lingkungan berjalan aja deh.. 🙂

  3. Pantai carita punya cerita 🙂 , Padahal untuk snorkeling masih ada spot” yang terawat misal di Tanjung lesung, Pulau badul dan ujung kulon yg gk kalah indahnya dengan kar*mun jawa 😀

Tinggalkan komentar